-->
site-logo
post-image

10 Robot Canggih Paling Berguna di Dunia (Wajib Baca!)

Akhir tahun lalu seorang ilmuan mengatakan bahwa robot humanoid telah siap untuk mengambil lompatan tinggi, seperti dapat meniru perilaku manusia, cara berjalan seperti manusia dan memiliki kesadaran diri serta berbagai teknologi analisis spektrum komputasi tinggi serta kemampuan emosi.
Beberapa ilmuan juga memprediksi bahwa semua jenis robot akan sepenuhnya bisa menggantikan manusia pada tahun 2045. Kecerdasan buatan sekarang maju ke titik yang lebih tinggi, di mana jenis otak baru dapat melakukan tugas-tugas yang relatif kasar pada robotika modern, hal tersebut mengisyaratkan sebuah evolusi mesin
pada tahap berikutnya.

Berikut 10 Robotic Canggih Paling Berguna di Dunia yang wajib Anda ketahui:


1. ASIMO Dan Honda P-Series


ASIMO adalah anugerah yang besar untuk merek global Honda, yang membantu perusahaan Honda dalam hal inovasi dan teknologi.
ASIMO adalah urutan ke 11 daro deretan robot yang dapat berjalan yang dikembangkan oleh Honda, yang disebut P-Series. Diresmikan pada tahun 2000, ASIMO bisa berjalan dan berlari seperti manusia, ini merupakan prestasi luar biasa. ASIMO memiliki upgrade yang signifikan pada tahun 2005, yang memungkinkan dia untuk berjalan dua kali lebih cepat (6 km / jam atau 4.3mph), berinteraksi dengan manusia, dan melakukan tugas-tugas dasar seperti memegang piring dan membawakan makanan. Saat ini jumlah model ASIMO ada sekitar 100 di seluruh dunia, berdiri dengan tinggi 1,28 m dan berat sekitar 55 kg.
Penampilan ASIMO dengan baju luar angkasanya terlihat ceria dan menawan. Robot ini telah membuka jalan bagi banyak robot yang dapat berjalan berikutnya, robot ini memiliki postur tubuh mirip manusia, Honda telah fokus menjadikannya sebagai robot canggih dan kuat.



2. Robotic Pole Dancers - Lexy Dan Tess


Pada expo CeBIT di Hanover, pengembang perangkat lunak Jerman Tobit mengumpulkan booth yang menampilkan dua robot menari di tiang, berduet dengan sesama robot DJ dengan megafon pada kepalanya. Menurut BBC, Anda dapat membeli robot ini dengan harga $ 39.500.
 
3. iCub

 


Motivasi di balik desain sangat humanoid adalah sebuah hipotesis robot dengan cara manusia belajar yang telah diwujudkan.
Motivasi di balik desainnya yang sangat humanoid berasal dari sebuah hipotesis pemikiran manusia yang telah terwujud, robot ini sepertinya memainkan peran penting dalam pengembangan cara pikir manusia. Seorang bayi belajar banyak pengetahuan dengan berinteraksi dengan lingkungan dan manusia lainnya menggunakan anggota badan serta indera, akibatnya model internal dari seluruh robot dunia sangat mendasar pada bentuk tubuh manusia.
Robot ini dirancang untuk menguji hipotesis ini dengan memungkinkan skenario pembelajaran kognitif yang akan diperankan oleh reproduksi yang akurat dari sistem perseptual dan artikulasi anak kecil sehingga bisa berinteraksi dengan dunia dengan cara yang sama layaknya seorang anak.



4. Atlas Unplugged

 
Versi terbaru dari Atlas sedikit lebih tinggi dan lebih berat dari sebelumnya, dengan tinggi 1.88m tinggi dan berat 156.4kg.
Robot Atlas dikembangkan oleh Google milik Boston Dynamics dengan Pertahanan Advanced Research Projects Agency AS untuk tantangan robotika, yang dirancang untuk bernegosiasi kasar, medan luar ruangan dengan cara bipedal, sementara itu robot ini bisa memanjat menggunakan tangan dan kaki sebagaimana yang dapat manusia lakukan.
Versi pertama, yang dirilis pada bulan Juli tahun 2013, diperlukan suatu sambungan listrik dan kontrol untuk mengoperasikan robot. Generasi baru dari robot ini dijuluki "Atlas Unplugged" karena dapat beroperasi dengan baterai dan dikendalikan secara nirkabel, telah dikembangkan untuk final
Darpa Robotics Challenge, yang akan mengambil tempat pada bulan Juni.
Versi terbaru dari Atlas sedikit lebih tinggi dan lebih berat dari sebelumnya. Menurut produsen, divisi 
Google’s Boston Dynamics, robot ini di dominasi 75% dari mesin humanoid baru - hanya kakinya yang lebih rendah karena tidak ada perubahan pada kaki.

5. Poppy

 
Penciptaan Poppy telah difokuskan pada gerakan berjalan yang terinspirasi secara biologis yang mereka harap akan memungkinkan interaksi manusia dengan robot yang lebih baik.
Poppy adalah robot humanoid terbaru dan pertama dari jenisnya: Poppy diciptakan oleh printer 3D. Sekelompok peneliti Perancis mampu memotong sepertiga biaya dengan memanfaatkan teknologi 3D terbaru.
Robot ini memiliki tulang yang diartikulasikan dengan lima motorik - hampir tidak pernah terdengar ada robot dengan ukuran ini yang memiliki tulang dengan lima motorik. Tulang belakang tidak hanya memungkinkan Poppy untuk bergerak lebih alami, tapi membantu untuk menyeimbangkan robot dengan menyesuaikan postur tubuhnya. Fleksibilitas ditambahkan juga untuk dapat membantu fisik manusia berinteraksi dengan robot, seperti menggandeng manusoa dengan tangannya, yang saat ini diperlukan untuk membantu robot agar dapat berjalan dengan manusia. Anda dapat melihat postur tubuh robot ini sangat mirip dengan manusia, belum lagi gerak tumit jarinya yang sangat mirip manusia dalam video di atas.

6. Romeo





Romeo memiliki ukuran mirip anak delapan tahun (1,40 m) dan berat 40 kg.
Romeo berusaha untuk menjadi pemimpin di bidang pemberian robot perawat dan bantuan pribadi dengan elemen yang lebih emosional. Romeo dirancang berdasarkan rancangan robot humanoid kecil yang disebut NAO yang berhasil dipasarkan hingga lebih dari 5.000 penjualan serta penyewaan di seluruh dunia.
7. Actroid-SIT





Actroid-SIT dapat berfungsi secara otonom, berbicara dan memberi isyarat saat berinteraksi dengan orang-orang.
Actroid-SIT dapat berfungsi secara otonom, berbicara dan memberi isyarat saat berinteraksi dengan orang-orang. Bahkan, para peneliti baru-baru ini menunjukkan bagaimana perbaikan perilaku Actroid bisa membuatnya terlihat lebih cerdas dan lebih ekspresif dari rata-rata humanoid. Dia tahu bahasa isyarat,  yang secara otomatis menyesuaikannya dengan posisi teman bicara.





8. Petman
 


Petman menyeimbangkan dirinya sendiri dan bergerak secara bebas; berjalan, membungkuk dan melakukan berbagai senam.
Petman adalah robot antropomorfik yang dirancang untuk menguji kostum perlindungan pengujian kimia. Gerakan lincah alami sangat penting bagi Petman untuk mensimulasikan bagaimana seorang prajurit menekankan pakaian pelindung dalam kondisi yang realistis.
Petman juga mensimulasikan fisiologi manusia dalam kostum pelindung dengan mengendalikan suhu, kelembaban dan keringat, semua untuk memberikan kondisi uji realistis. Sistem Petman disampaikan ke fasilitas uji pengguna di mana ia akan melalui percobaan validasi.



 

9. NAO


Robot NAO telah digunakan untuk tujuan penelitian dan pendidikan di banyak lembaga-lembaga akademis di seluruh dunia.
NAO adalah robot humanoid setinggi 58 cm dan diciptakan untuk menjadi pendamping ramah di sekitar rumah. Beberapa versi robot telah dirilis sejak tahun 2008.
Model robot NAO yang paling terkenal adalah Edition Akademisi yang dikembangkan untuk universitas dan laboratorium untuk keperluan penelitian dan pendidikan. Robot ini dirilis untuk lembaga pada tahun 2008, dan diproduksi untuk umum pada tahun 2011. Upgrade lebih baru untuk platform Nao termasuk 2.011 Nao Next Gen dan 2014 Nao Evolution.
Robot NAO telah digunakan untuk tujuan penelitian dan pendidikan di banyak lembaga-lembaga akademis  di seluruh dunia. Pada tahun 2015, lebih dari 5.000 unit Nao digunakan di 50 negara.
10. RoboThespian

 






RoboThespian berukuran robot humanoid yang dirancang untuk interaksi dengan manusia dalam lingkungan masyarakat. Robot ini dirancang sepenuhnya agar lebih interaktif, multibahasa, dan user-friendly, membuatnya menjadi perangkat yang sempurna untuk berkomunikasi serta hiburan.
Sekarang dalam generasi ketiganya, dengan lebih dari enam tahun pembangunan berkelanjutan, RoboThespian adalah platform untuk uji coba, yang dipercaya oleh pusat-pusat nasional ilmu pengetahuan, pengguna komersial dan lembaga penelitian akademis di seluruh dunia.

Artikel terkait :

{ 0 Comments... add one }