-->
site-logo
post-image

10 Robot Canggih yang Sudah di Produksi untuk di Perjual Belikan BAG.2

Inilah artikel kelanjutan dari 10 Robot Canggih yang Sudah di Produksi untuk di Perjual Belikan, mari kita liat lebih lanjut robot canggih apa saja yang kini sudah diproduksi dan tersedia untuk umum/perorangan.
 

6. NAO Evolution
 
6. NAO Evolution
NAO Evolution
NAO Evolution adalah versi kelima dari platform yang dikembangkan oleh perusahaan Perancis Aldebaran Robotics dan dirilis pada tahun 2014. Robot setinggi 58 cm ini memiliki 25 DOF dan dikemas dengan berbagai sensor seperti sonar, taktil dan sensor tekanan, belum lagi kamera dan peralatan standar lainnya, mampu melakukan gerakan dan tugas yang sangat kompleks.

NAO juga merupakan platform terbuka bagi semua orang yang ingin melakukan perbaikan atau belajar bagaimana sebuah robot canggih bekerja dalam hal teknologi. Hal ini juga dapat digunakan dalam pendidikan dan penelitian sebagai bahan belajar atau platform untuk mengembangkan generasi baru robot humanoid.
Robot ini dilengkapi dengan otak yang kuat, CPU utama adalah Intel Atom dengan 1.6GHz menjalankan sistem operasi yang disebut NAOqi. Ada juga kontroler kedua yang menangani fungsi tingkat hardware Robot agar dapat mengenali bentuk, orang atau suara. Gambar yang diambil memiliki ketajaman tinggi berkat resolusi terbaik ke dua kamera HD resolution, yang dapat menghasilkan kinerja yang baik bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Untuk memahami apa yang pengguna coba untuk mengirimkan melalui kata-kata, Aldebaran telah menciptakan teknologi yang disebut Nuance yang menerjemahkan suara menjadi perintah untnuk robot.
NAO Evolution tersedia untuk dibeli sekitar US $ 7500, harga tersebut hampir setengah dari harga generasi sebelumnya.

 

7. Papper

7. Papper
Papper
Papper adalah robot humanoid lucu yang dirancang oleh Aldebaran bekerjasama dengan  perusahaan komunikasi besar Jepang, SoftBank Corp. Robot ini diarahkan untuk interaksi manusia tingkat tinggi, oleh karena itu dalam video robot ini menampilkan beberapa kemampuan canggih. 

Robot ini dilengkapi dengan cloud yang didukung mesin pengenalan suara yang sangat kompleks yang mampu mengidentifikasi tidak hanya perkataan tetapi juga infleksi, nada suara dan variasi halus dalam suara manusia. Robot ini juga memiliki kemampuan untuk belajar dari interaksi yang dilakukannya, sementara 25 sensor dan kamera memberikan informasi rinci tentang lingkungan dan manusia berinteraksi dengan itu. Papper tidak hanya master pidato, namun ia dapat menggunakan bahasa isyarat juga, mengandalkan 20 aktuator untuk melakukan gerakan-gerakan yang sangat cair dan hidup.
Robot ini dijual sejak Juni 2015, hanya di Jepang untuk saat ini - dengan harga US $ 1.600 atau 198.000 Yen, dalam konkordansi dengan harga yang disebutkan tahun lalu. Perlu dicatat bahwa harga tidak menutupi biaya produksi seluruhnya, namun perusahaan berharap bahwa kerugian akan ditutupi dari langganan cloud dan biaya pemeliharaan robot sekitar US $ 200 per bulan.





8. HUBO 2 Plus


 8. HUBO 2 Plus
HUBO 2 Plus
HUBO 2 Plus adalah robot yang berasal dari Korea yang memiliki tinggi 130 cm, berat 43 kg dan yang mengejutkan robot ini memiliki 40 DOF hanya untuk jari-jarinya saja.  Indra lingkungan melalui kamera video saat array inersia dan gaya sensor torsi digunakan untuk secara akurat menentukan posisinya. 

HUBO 2 Plus memiliki harga sekitar US $ 400.000. Versi baru yang diperkenalkan pada tahun 2011, dilengkapi dengan konsumsi daya yang rendah, fleksibilitas yang lebih besar, tubuh ringan, dan kecerdasan yang tinggi. Jumlah total drajat kebebasan adalah 40 dan memungkinkan fleksibilitas yang tinggi dari kepala, lengan dan kaki. Robot ini juga bisa menari, berjalan dan mengambil benda-benda layaknya manusia.
Sebuah varian dimodifikasi disebut DRC-HUBO telah memenangkan kompetisi di sebuah ajang yang disebut DARPA Robotics Challenge pada bulan Juni 2015, menyelesaikan berhasil semua tugas dalam kompetisi. Fitur
DRC-HUBO telah di modifikasi seperti roda yang ditambahkan ke lutut dan kaki untuk peningkatan stabilitas, motorik yang lebih kuat, lengan panjang dengan DOF lebih dan kebebasan berputar dari tubuh sebesar 180 derajat. Mekanisme penginderaan rumit dan sensor F-T juga telah ditambahkan serta mendukung kamera tunggal dan Lidar yang dioperasikan hanya bila diperlukan.

9. RoboThespian


   9. RoboThespian
RoboThespian
RoboThespian berasal dari Inggris dan dalam pembangunan yang berkelanjutan sejak tahun 2005. Iterasi saat - RT 3 - tersedia sejak 2011 dan bisa dibeli dengan harga mulai dengan sekitar US $ 78.000 atau disewa untuk berbagai acara. Robot ini dirancang untuk digunakan di museum untuk memandu pengunjung, pendidikan, atau penelitian. Robot ini adalah pembicara publik yang baik, dan mengesankan dengan isyarat dan emosi yang ditampilkan di wajahnya. Juga memiliki kemampuan menari, menyanyi, atau membacakan teks.
robot dapat dikendalikan dari jarak jauh dari browser sementara pengguna dapat melihat apa robot melihat setiap saat. Antarmuka browser juga memungkinkan untuk menyesuaikan fungsi tingkat tinggi melalui script Python berjalan pada arsitektur perangkat lunak proprietary, sedangkan pengolahan dipastikan oleh unit Intel NUC.

10. HRP-4


 10. HRP-4
HRP-4
HRP-4 adalah salah satu robot humanoid yang paling maju dengan 34 DOF dan harga US $ 300.000 (sekitar 222,000 EUR). Dikembangkan oleh Kawada Industries dari Jepang bersama-sama dengan Jepang National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) digunakan untuk penelitian dan pengembangan perangkat lunak canggih untuk gerakan robot humanoid. HRP-4C dijuluki Miim adalah evolusi tampak lebih manusia berdasarkan pada platform ini, yang tidak hanya terlihat mirip manusia, juga bisa menari dan bernyanyi.
HRP-4 memiliki ketinggian 1,51 meter dan berat 39kg. Setiap lengan robot memiliki 7 derajat kebebasan dan dapat mengangkat berat maksimum 0.5kg. Tingkat kecerdasan cukup tinggi, robot dapat berbicara, memahami, mengakui atau memanipulasi berbagai objek. Berkat berbagai sensor terintegrasi, HRP-4 dapat mendeteksi arah suara sehingga dapat mengubah arah pembicara. Otak adalah prosesor Intel Pentium M dengan frekuensi kerja 1.6GHz.


Robot tidak lagi digunakan hanya di industri lingkungan, pabrik-pabrik, gudang dan laboratorium. Mereka menjadi bagian dari masyarakat di kita hidup, bagian dari kehidupan kita. Berlalunya waktu akan membawa biaya yang lebih rendah dan teknologi baru yang akan mempersempit kesenjangan intelijen antara robot dan manusia dan akan memungkinkan pembelian robot secara luas di seluruh negara. Untuk saat ini, robot humanoid maju ditemukan dalam jumlah terbatas di pasar karena permintaan yang rendah dan harganya yang tinggi, namun mari kita berharap untuk melihat banyak perubahan di pasar dalam waktu dekat, terutama di Jepang di mana permintaan sangat tinggi. Apakah Anda sudah menentukan robot humanoid mana yang akan Anda beli(bahkan jika itu hanya dalam hayalan saja)?

Artikel terkait :

{ 0 Comments... add one }